"Jelajahi dunia perpustakaan: tempat inspirasi, pengetahuan, dan petualangan literasi tanpa batas!"

Sabtu, 26 Oktober 2024

Program Kerja Perpustakaan Sekolah Dasar Tahun 2024/2025




Model 1 : 

1. Pengembangan Koleksi Bahan Pustaka

  • Tujuan: Menambah dan memperbarui koleksi perpustakaan sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa.

  • Rincian Kegiatan:

    • Pembelian buku teks, buku referensi, dan buku non-fiksi yang sesuai dengan kurikulum terbaru.
    • Pengadaan buku fiksi dan buku cerita bergambar untuk menumbuhkan minat baca siswa.
    • Penambahan koleksi multimedia, seperti video pembelajaran dan audio cerita.
    • Penerimaan donasi buku dari komunitas atau alumni.
  • Target: Penambahan koleksi sebanyak 10% dari total koleksi saat ini.

  • Waktu Pelaksanaan: Setiap awal semester.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan.

2. Program Literasi Sekolah

  • Tujuan: Meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa melalui berbagai kegiatan literasi.

  • Rincian Kegiatan:

    • Hari Literasi Sekolah: Menyelenggarakan hari literasi setiap bulan dengan tema berbeda.
    • Program 15 Menit Membaca Sebelum Belajar: Mengajak siswa membaca buku selama 15 menit sebelum jam pertama.
    • Pojok Baca Kelas: Menyediakan beberapa buku di setiap kelas sebagai koleksi pojok baca.
  • Target: Minimal 75% siswa terlibat dalam program literasi.

  • Waktu Pelaksanaan: Setiap bulan.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan dan guru kelas.

3. Pekan Kunjungan Perpustakaan

  • Tujuan: Mendorong siswa untuk lebih aktif mengunjungi perpustakaan dan memanfaatkan koleksi yang tersedia.
  • Rincian Kegiatan:
    • Mengadakan "Pekan Kunjungan Perpustakaan" selama satu minggu penuh dengan berbagai kegiatan menarik.
    • Lomba menggambar tokoh cerita favorit dan lomba membaca cepat.
    • Pameran koleksi buku baru dan cerita interaktif untuk siswa kelas rendah.
  • Target: Meningkatkan kunjungan perpustakaan sebanyak 30% selama pekan kunjungan.
  • Waktu Pelaksanaan: September dan Maret.
  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan.

4. Pelatihan Literasi Informasi

  • Tujuan: Meningkatkan keterampilan siswa dalam mencari, memahami, dan memanfaatkan informasi.

  • Rincian Kegiatan:

    • Pelatihan dasar penggunaan katalog perpustakaan.
    • Pengenalan cara menggunakan bahan referensi seperti kamus, ensiklopedia, dan atlas.
    • Bimbingan cara merangkum informasi dari berbagai sumber pustaka.
  • Target: Minimal 50% siswa dapat memahami dan menggunakan katalog perpustakaan dengan baik.

  • Waktu Pelaksanaan: Setiap akhir bulan.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan dan guru pendamping.

5. Program “Buku Favorit Bulan Ini”

  • Tujuan: Meningkatkan minat baca dengan mempromosikan buku-buku pilihan setiap bulan.

  • Rincian Kegiatan:

    • Memilih buku favorit yang direkomendasikan oleh petugas perpustakaan atau guru.
    • Menyusun ulasan singkat dan memasangnya di papan informasi perpustakaan.
    • Menyediakan ruang khusus di perpustakaan untuk "Buku Favorit Bulan Ini".
  • Target: Minimal 30% koleksi terfavorit terpinjam setiap bulannya.

  • Waktu Pelaksanaan: Setiap bulan.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan.

6. Perawatan dan Pemeliharaan Koleksi

  • Tujuan: Menjaga kondisi koleksi bahan pustaka agar tetap layak pakai dan menarik bagi siswa.

  • Rincian Kegiatan:

    • Pemeliharaan koleksi dengan membersihkan dan memperbaiki buku yang rusak.
    • Pemeriksaan koleksi secara berkala untuk memisahkan buku yang usang atau rusak.
    • Pemusnahan atau pengarsipan koleksi yang sudah tidak relevan.
  • Target: Menjaga kondisi 90% koleksi bahan pustaka agar layak digunakan.

  • Waktu Pelaksanaan: Setiap akhir semester.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan.

7. Pojok Buku Populer

  • Tujuan: Menyediakan koleksi buku dengan tema populer dan tren terkini untuk menarik minat baca siswa.

  • Rincian Kegiatan:

    • Menyediakan koleksi bertema populer, seperti buku cerita anak, sains sederhana, dan biografi tokoh.
    • Melibatkan siswa dalam memilih buku yang akan ditambahkan ke koleksi pojok buku populer.
    • Menyusun dan memajang koleksi ini di area yang mudah diakses siswa.
  • Target: Meningkatkan jumlah peminjaman buku sebanyak 20% dari pojok buku populer.

  • Waktu Pelaksanaan: Setiap awal semester.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan dan siswa yang ditunjuk.

8. Bimbingan “Menjadi Sahabat Perpustakaan”

  • Tujuan: Melatih siswa untuk menjadi duta perpustakaan yang membantu dalam kegiatan perpustakaan dan mempromosikan literasi.

  • Rincian Kegiatan:

    • Melibatkan siswa sebagai duta literasi yang membantu petugas perpustakaan dalam kegiatan harian.
    • Mengadakan pelatihan singkat tentang dasar pengelolaan perpustakaan, seperti shelving, peminjaman, dan pengembalian buku.
    • Mengajak siswa untuk berbagi pengalaman membaca dan mengajak teman-teman lain mengunjungi perpustakaan.
  • Target: Melibatkan minimal 10 siswa per semester dalam program sahabat perpustakaan.

  • Waktu Pelaksanaan: Setiap semester.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan dan guru kelas.

9. Lomba Literasi Tingkat Sekolah

  • Tujuan: Mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan literasi melalui lomba yang menyenangkan.

  • Rincian Kegiatan:

    • Lomba membaca cepat dan lomba merangkum buku.
    • Kompetisi membuat cerita bergambar atau komik sederhana.
    • Pemberian hadiah dan sertifikat bagi pemenang untuk memotivasi siswa.
  • Target: Minimal 50 siswa berpartisipasi dalam lomba literasi.

  • Waktu Pelaksanaan: Bulan April.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan, guru bahasa Indonesia.

10. Pengembangan Sistem Katalog dan Layanan Sirkulasi

  • Tujuan: Meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam mencari dan meminjam bahan pustaka.

  • Rincian Kegiatan:

    • Mengembangkan sistem katalog online sederhana yang memudahkan siswa dan guru mencari buku.
    • Meningkatkan layanan sirkulasi dengan sistem kartu peminjaman atau barcode.
    • Pelatihan bagi siswa dan guru dalam menggunakan sistem pencarian katalog perpustakaan.
  • Target: 100% pengguna perpustakaan dapat menggunakan sistem katalog.

  • Waktu Pelaksanaan: Diimplementasikan awal tahun ajaran dan dipantau secara berkala.

  • Penanggung Jawab: Petugas perpustakaan.


Model 2 :

Program Kerja Perpustakaan Sekolah Dasar (SD)

Tujuan Program:

1. Menumbuhkan minat baca dan literasi di kalangan siswa sejak dini.

2. Memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar yang efektif.

3. Meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan bahan pustaka.

4. Melestarikan koleksi bahan pustaka dan memperluas jangkauan koleksi perpustakaan.

Rincian Program Kerja

1. Program Peningkatan Minat Baca

Kegiatan: Membaca Bersama, Hari Membaca, dan Gerakan Membaca 10 Menit

Deskripsi:

1. Membaca Bersama: Dilakukan setiap bulan dengan siswa dari berbagai kelas yang membaca bersama-sama di perpustakaan.

2. Hari Membaca: Memperingati Hari Buku Nasional atau Hari Literasi Internasional dengan aktivitas membaca bebas.

3. Gerakan Membaca 10 Menit: Program membaca di awal jam pelajaran atau sebelum pulang sekolah selama 10 menit.

Tujuan: Mendorong kebiasaan membaca siswa secara rutin dan membiasakan membaca di lingkungan sekolah.

Jadwal: Mingguan (setiap Senin pagi) dan khusus untuk Hari Membaca.

2. Layanan Sirkulasi dan Sumber Belajar

Kegiatan: Peminjaman, Pengembalian, dan Reservasi Buku

Deskripsi:

1. Menyediakan layanan peminjaman dan pengembalian buku setiap hari sekolah.

2. Mempermudah akses buku untuk siswa dengan peminjaman otomatis (sistem katalog online jika memungkinkan).

3. Membantu siswa memilih buku yang sesuai usia dan kebutuhan belajar.

Tujuan: Memberikan akses mudah bagi siswa untuk meminjam dan mengembalikan buku.

Jadwal: Setiap hari sekolah, disesuaikan dengan jam istirahat dan jam pulang.

3. Program Literasi Informasi

Kegiatan: Pengenalan Perpustakaan dan Cara Menemukan Informasi

Deskripsi:

1. Siswa diajari cara mencari informasi di perpustakaan, mulai dari mengenal katalog buku hingga mencari buku di rak.

2. Program “Kenali Buku” di mana pustakawan memberikan bimbingan mengenai jenis-jenis buku, seperti fiksi, non-fiksi, ensiklopedia, dan buku referensi.

Tujuan: Mengembangkan keterampilan literasi informasi siswa agar dapat menemukan dan memanfaatkan sumber informasi dengan tepat.

Jadwal: Setiap awal semester dan selama kegiatan orientasi siswa baru.

 

4. Pembuatan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan

Kegiatan: Pengadaan, Inventarisasi, dan Pengolahan Bahan Pustaka

Deskripsi:

1. Menambah koleksi buku perpustakaan sesuai kebutuhan kurikulum dan minat siswa.

2. Mengadakan inventarisasi buku baru, mendata, dan melabeli bahan pustaka sesuai kategori.

3. Menerima sumbangan buku dari orang tua siswa, guru, atau pihak lain.

Tujuan: Menyediakan bahan pustaka yang lengkap, relevan, dan sesuai dengan minat baca siswa.

Jadwal: Setiap awal tahun ajaran dan akhir semester untuk evaluasi.

5. Program Perawatan dan Pelestarian Koleksi

Kegiatan: Penyuluhan Kebersihan Buku, Perawatan Rutin, dan Pemulihan Buku

Deskripsi:

1. Penyuluhan kepada siswa tentang pentingnya merawat buku, termasuk cara membawa, membaca, dan menyimpannya dengan baik.

2. Perawatan rutin terhadap koleksi perpustakaan, seperti membersihkan rak, memperbaiki buku yang rusak, dan menjilid ulang buku yang rusak.

3. Mengadakan pelestarian buku melalui laminasi sampul buku-buku penting atau buku baru.

Tujuan: Menjaga koleksi buku agar tetap awet dan layak baca untuk waktu yang lama.

Jadwal: Setiap tiga bulan sekali, atau sesuai kebutuhan.

6. Program Lomba dan Penghargaan Literasi

Kegiatan: Lomba Membaca Cepat, Lomba Bercerita, dan Siswa Pembaca Teraktif

Deskripsi:

1. Lomba Membaca Cepat: Peserta diminta membaca teks dan memahami kontennya dalam waktu tertentu.

2. Lomba Bercerita: Siswa menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca di depan teman-temannya.

3. Siswa Pembaca Teraktif: Penghargaan diberikan kepada siswa yang paling sering meminjam dan mengembalikan buku.

Tujuan: Meningkatkan partisipasi siswa dalam aktivitas literasi dan menumbuhkan kebiasaan membaca.

Jadwal: Diadakan setiap semester, khususnya pada Bulan Bahasa dan Peringatan Hari Buku.

7. Pelatihan dan Workshop Literasi Digital

Kegiatan: Pengenalan e-Library dan Pelatihan Dasar Literasi Digital

Deskripsi:

1. Mengenalkan siswa pada penggunaan perpustakaan digital atau katalog online, jika tersedia.

2. Workshop untuk mengenalkan siswa pada pencarian sumber informasi online dengan aman dan bijak.

Tujuan: Mempersiapkan siswa menghadapi era digital dan mengenalkan perpustakaan sebagai sumber informasi tepercaya.

Jadwal: Dilaksanakan dua kali per semester.

8. Program Kemitraan dengan Komunitas Literasi

Kegiatan: Kunjungan Penulis, Workshop Literasi, dan Kegiatan Donasi Buku

Deskripsi:

1. Mengundang penulis atau tokoh literasi untuk mengadakan sesi berbagi pengalaman dan diskusi buku dengan siswa.

2. Mengadakan kerjasama dengan komunitas literasi lokal untuk menyelenggarakan workshop atau program donasi buku.

Tujuan: Meningkatkan wawasan siswa tentang dunia literasi dan memperkenalkan mereka pada berbagai tokoh inspiratif.

Jadwal: Diselenggarakan secara berkala, misalnya setiap peringatan Hari Literasi atau Bulan Bahasa.

9. Evaluasi dan Laporan Program Perpustakaan

Kegiatan: Evaluasi Kinerja, Laporan Peminjaman, dan Analisis Kebutuhan Koleksi

Deskripsi:

1. Melakukan evaluasi terhadap program perpustakaan yang telah berjalan, mencatat statistik peminjaman, dan mengidentifikasi tren minat baca siswa.

2. Membuat laporan bulanan dan tahunan mengenai penggunaan perpustakaan dan mengadakan pertemuan evaluasi dengan pihak sekolah.

Tujuan: Menilai efektivitas program perpustakaan dan mengembangkan perbaikan atau pembaruan program.

Jadwal: Dilakukan setiap bulan dan akhir tahun ajaran.

10. Rencana Anggaran

Agar program-program perpustakaan ini berjalan lancar, dibutuhkan anggaran untuk beberapa kebutuhan berikut:

1. Pengadaan dan perawatan buku.

2. Bahan perlengkapan (label buku, sampul, dll.).

3. Pengadaan alat digital (komputer untuk katalog, printer, pemindai jika memungkinkan).

4. Kegiatan pelatihan dan lomba (hadiah, dekorasi, materi promosi).

5. Kerjasama dengan komunitas atau narasumber (biaya transportasi, honor narasumber, dll.).


Program ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya literasi di sekolah dasar dan mendukung siswa dalam menemukan minat bacanya. Program kerja ini juga akan membentuk perpustakaan sebagai pusat informasi yang interaktif dan menyenangkan, memberikan pengalaman belajar yang positif bagi seluruh siswa.

 

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar