Jelajahi dunia perpustakaan, tempat inspirasi, pengetahuan, dan petualangan literasi tanpa batas!

Jumat, 06 Juni 2025

Program Kerja Perpustakaan Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2025/2026 (Versi 1)

 


A. Identitas Perpustakaan

  • Nama Perpustakaan: Perpustakaan SD Negeri [Nama Sekolah]

  • Alamat: [Alamat Lengkap Sekolah]

  • Kepala Sekolah: [Nama Kepala Sekolah]

  • Penanggung Jawab Perpustakaan: [Nama Pustakawan/Operator]

  • Jumlah Siswa: [Jumlah Siswa Aktif]

  • Jumlah Guru: [Jumlah Guru Aktif]

B. Latar Belakang

Perpustakaan sekolah merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran, menumbuhkan minat baca, serta meningkatkan literasi peserta didik. Untuk itu, dibutuhkan program kerja yang sistematis, terarah, dan berkelanjutan guna mendukung visi dan misi sekolah serta mendukung Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis projek dan literasi.

C. Visi

"Menjadikan perpustakaan sebagai pusat literasi sekolah yang ramah anak, kreatif, dan inspiratif untuk membentuk generasi pembelajar sepanjang hayat."

D. Misi

  1. Meningkatkan minat baca dan budaya literasi warga sekolah.

  2. Menyediakan koleksi bahan pustaka yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kurikulum.

  3. Meningkatkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi.

  4. Menyediakan ruang baca yang nyaman dan menarik.

  5. Menyelenggarakan kegiatan literasi yang kreatif dan kolaboratif.

E. Tujuan

  • Meningkatkan frekuensi kunjungan dan peminjaman buku oleh siswa dan guru.

  • Mengembangkan koleksi bahan pustaka yang relevan dan mutakhir.

  • Mendorong pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat belajar dan berkegiatan.

  • Membiasakan siswa untuk membaca secara mandiri dan menyenangkan.

  • Meningkatkan kompetensi literasi informasi siswa.

F. Sasaran

  • Seluruh siswa dan guru SD Negeri [Nama Sekolah]

  • Pustakawan dan tenaga kependidikan

  • Orang tua/wali siswa (dalam beberapa kegiatan literasi)

G. Indikator Keberhasilan

NoIndikatorTarget
1Jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan≥ 75% dari jumlah siswa
2Jumlah buku yang dipinjam≥ 500 buku per semester
3Jumlah kegiatan literasi yang dilaksanakan≥ 4 kegiatan per tahun
4Jumlah koleksi buku baru≥ 200 buku/tahun
5Kepuasan layanan perpustakaan≥ 80% puas (hasil survei)

H. Program Kerja dan Rincian Kegiatan

1. Pengembangan Koleksi

KegiatanDeskripsiWaktuPenanggung Jawab
Seleksi dan Pengadaan Buku BaruMelakukan seleksi buku berdasarkan kurikulum, literasi siswa, dan referensi pustaka terbaru.Juli–Agustus 2025Pustakawan, Komite Sekolah
Inventarisasi KoleksiPencatatan buku masuk, klasifikasi, pelabelan, dan penyusunan di rakJuli–Oktober 2025Pustakawan
Penyusutan BukuMenyortir buku yang rusak, hilang, atau tidak relevanDesember 2025Pustakawan, Guru PJOK, Wali Kelas

2. Layanan Perpustakaan
KegiatanDeskripsiWaktuPenanggung Jawab
Layanan Peminjaman & PengembalianPelayanan peminjaman buku harian dan pengembalianSetiap hari sekolahPustakawan
Jadwal Baca KelasKunjungan terjadwal kelas ke perpustakaan1x per minggu/kelasGuru Kelas, Pustakawan
Digitalisasi PencatatanMenggunakan aplikasi perpustakaan seperti e-Pusda atau pustaka-digitalAgustus 2025Pustakawan, Operator Sekolah

3. Kegiatan Literasi dan Edukasi
KegiatanDeskripsiWaktuPenanggung Jawab
Pojok Baca KelasMenyediakan sudut baca di setiap kelasAgustus 2025Guru Kelas, Pustakawan
Gerakan Membaca 15 MenitMembaca sebelum pelajaran dimulaiRutin setiap hariSemua Guru
Pekan Literasi SekolahLomba mendongeng, resensi, membaca puisi, pameran bukuOktober 2025Tim Literasi Sekolah
Kelas Menulis CeritaPelatihan menulis cerita pendek untuk siswaFebruari 2026Guru Bahasa Indonesia, Pustakawan

4. Manajemen Perpustakaan
KegiatanDeskripsiWaktuPenanggung Jawab
Penyusunan Rencana KerjaMembuat program dan jadwal kerja tahunanJuli 2025Pustakawan
Laporan Bulanan & TahunanEvaluasi kegiatan dan pelaporan ke kepala sekolahBulanan & Juni 2026Pustakawan
Pendataan Buku HilangRekapitulasi buku hilang dan penyusunan sanksi ringanMei–Juni 2026Pustakawan, Wali Kelas
Kunjungan Perpustakaan ke Luar SekolahStudy visit ke perpustakaan umum atau taman bacaanMaret 2026Guru Pendamping, Pustakawan

5. Pengembangan SDM Perpustakaan
KegiatanDeskripsiWaktuPenanggung Jawab
Workshop LiterasiPelatihan pengelolaan perpustakaan dan literasi bagi guru dan pustakawanNovember 2025Kepala Sekolah, Narasumber
Sharing SessionForum diskusi antar pustakawan SD dalam gugusSemester 1 & 2Pustakawan, Forum KKG Literasi

I. Penutup

Program kerja ini bersifat dinamis dan dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah, kurikulum, dan kebutuhan siswa. Harapannya, program ini dapat meningkatkan peran perpustakaan sebagai pusat pembelajaran yang menyenangkan, bermanfaat, dan relevan bagi peserta didik SD Negeri [Nama Sekolah].

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar