A. Identitas Perpustakaan
-
Nama Perpustakaan: Perpustakaan SD Negeri [Nama Sekolah]
-
Alamat: [Alamat Lengkap Sekolah]
-
Kepala Sekolah: [Nama Kepala Sekolah]
-
Penanggung Jawab Perpustakaan: [Nama Pustakawan/Operator]
-
Jumlah Siswa: [Jumlah Siswa Aktif]
-
Jumlah Guru: [Jumlah Guru Aktif]
B. Latar Belakang
Perpustakaan sekolah merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran, menumbuhkan minat baca, serta meningkatkan literasi peserta didik. Untuk itu, dibutuhkan program kerja yang sistematis, terarah, dan berkelanjutan guna mendukung visi dan misi sekolah serta mendukung Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis projek dan literasi.
C. Visi
"Menjadikan perpustakaan sebagai pusat literasi sekolah yang ramah anak, kreatif, dan inspiratif untuk membentuk generasi pembelajar sepanjang hayat."
D. Misi
-
Meningkatkan minat baca dan budaya literasi warga sekolah.
-
Menyediakan koleksi bahan pustaka yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kurikulum.
-
Meningkatkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi.
-
Menyediakan ruang baca yang nyaman dan menarik.
-
Menyelenggarakan kegiatan literasi yang kreatif dan kolaboratif.
E. Tujuan
-
Meningkatkan frekuensi kunjungan dan peminjaman buku oleh siswa dan guru.
-
Mengembangkan koleksi bahan pustaka yang relevan dan mutakhir.
-
Mendorong pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat belajar dan berkegiatan.
-
Membiasakan siswa untuk membaca secara mandiri dan menyenangkan.
-
Meningkatkan kompetensi literasi informasi siswa.
F. Sasaran
-
Seluruh siswa dan guru SD Negeri [Nama Sekolah]
-
Pustakawan dan tenaga kependidikan
-
Orang tua/wali siswa (dalam beberapa kegiatan literasi)
G. Indikator Keberhasilan
No | Indikator | Target |
---|---|---|
1 | Jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan | ≥ 75% dari jumlah siswa |
2 | Jumlah buku yang dipinjam | ≥ 500 buku per semester |
3 | Jumlah kegiatan literasi yang dilaksanakan | ≥ 4 kegiatan per tahun |
4 | Jumlah koleksi buku baru | ≥ 200 buku/tahun |
5 | Kepuasan layanan perpustakaan | ≥ 80% puas (hasil survei) |
1. Pengembangan Koleksi
Kegiatan | Deskripsi | Waktu | Penanggung Jawab |
---|---|---|---|
Seleksi dan Pengadaan Buku Baru | Melakukan seleksi buku berdasarkan kurikulum, literasi siswa, dan referensi pustaka terbaru. | Juli–Agustus 2025 | Pustakawan, Komite Sekolah |
Inventarisasi Koleksi | Pencatatan buku masuk, klasifikasi, pelabelan, dan penyusunan di rak | Juli–Oktober 2025 | Pustakawan |
Penyusutan Buku | Menyortir buku yang rusak, hilang, atau tidak relevan | Desember 2025 | Pustakawan, Guru PJOK, Wali Kelas |
Kegiatan | Deskripsi | Waktu | Penanggung Jawab |
---|---|---|---|
Layanan Peminjaman & Pengembalian | Pelayanan peminjaman buku harian dan pengembalian | Setiap hari sekolah | Pustakawan |
Jadwal Baca Kelas | Kunjungan terjadwal kelas ke perpustakaan | 1x per minggu/kelas | Guru Kelas, Pustakawan |
Digitalisasi Pencatatan | Menggunakan aplikasi perpustakaan seperti e-Pusda atau pustaka-digital | Agustus 2025 | Pustakawan, Operator Sekolah |
Kegiatan | Deskripsi | Waktu | Penanggung Jawab |
---|---|---|---|
Pojok Baca Kelas | Menyediakan sudut baca di setiap kelas | Agustus 2025 | Guru Kelas, Pustakawan |
Gerakan Membaca 15 Menit | Membaca sebelum pelajaran dimulai | Rutin setiap hari | Semua Guru |
Pekan Literasi Sekolah | Lomba mendongeng, resensi, membaca puisi, pameran buku | Oktober 2025 | Tim Literasi Sekolah |
Kelas Menulis Cerita | Pelatihan menulis cerita pendek untuk siswa | Februari 2026 | Guru Bahasa Indonesia, Pustakawan |
Kegiatan | Deskripsi | Waktu | Penanggung Jawab |
---|---|---|---|
Penyusunan Rencana Kerja | Membuat program dan jadwal kerja tahunan | Juli 2025 | Pustakawan |
Laporan Bulanan & Tahunan | Evaluasi kegiatan dan pelaporan ke kepala sekolah | Bulanan & Juni 2026 | Pustakawan |
Pendataan Buku Hilang | Rekapitulasi buku hilang dan penyusunan sanksi ringan | Mei–Juni 2026 | Pustakawan, Wali Kelas |
Kunjungan Perpustakaan ke Luar Sekolah | Study visit ke perpustakaan umum atau taman bacaan | Maret 2026 | Guru Pendamping, Pustakawan |
Kegiatan | Deskripsi | Waktu | Penanggung Jawab |
---|---|---|---|
Workshop Literasi | Pelatihan pengelolaan perpustakaan dan literasi bagi guru dan pustakawan | November 2025 | Kepala Sekolah, Narasumber |
Sharing Session | Forum diskusi antar pustakawan SD dalam gugus | Semester 1 & 2 | Pustakawan, Forum KKG Literasi |
Program kerja ini bersifat dinamis dan dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah, kurikulum, dan kebutuhan siswa. Harapannya, program ini dapat meningkatkan peran perpustakaan sebagai pusat pembelajaran yang menyenangkan, bermanfaat, dan relevan bagi peserta didik SD Negeri [Nama Sekolah].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar