Jelajahi dunia perpustakaan, tempat inspirasi, pengetahuan, dan petualangan literasi tanpa batas!

Kamis, 29 Mei 2025

Contoh Instrumen Monitoring Literasi Digital Siswa SD



A. Kuesioner Literasi Digital (Untuk Siswa)

  1. Seberapa sering kamu menggunakan komputer atau tablet untuk belajar?

    • ( ) Setiap hari

    • ( ) 3-4 kali seminggu

    • ( ) Kadang-kadang

    • ( ) Jarang sekali

  2. Apakah kamu tahu cara mencari informasi yang benar dan terpercaya di internet?

    • ( ) Ya

    • ( ) Tidak

  3. Saat menggunakan internet, apakah kamu tahu cara menghindari informasi palsu (hoaks)?

    • ( ) Ya

    • ( ) Tidak

  4. Apakah kamu pernah membuat tugas atau karya menggunakan aplikasi komputer (misal: Word, PowerPoint)?

    • ( ) Ya

    • ( ) Tidak

  5. Apakah kamu tahu bagaimana menggunakan internet dengan aman dan tidak membagikan informasi pribadi?

    • ( ) Ya

    • ( ) Tidak


B. Tes Keterampilan Digital (Guru Pakai)

NoKegiatanKriteria PenilaianSkor (1-5)
1Menyalakan dan mematikan perangkat komputer/tablet dengan benarMampu dengan mandiri
2Membuka aplikasi pengolah kata (misal: Microsoft Word)Mampu membuka dan mengetik teks sederhana
3Membuka browser dan mencari informasi sesuai tugasMampu mengetik kata kunci dan membuka halaman yang relevan
4Menyimpan dan menutup dokumen dengan benarMampu menyimpan di folder yang tepat
5Memahami penggunaan internet secara aman (tidak klik link sembarangan)Memahami risiko keamanan dasar

Panduan Lengkap Monitoring Literasi Digital untuk Guru & Orang Tua

1. Persiapan

  • Tentukan tujuan monitoring (misal: mengetahui kemampuan dasar penggunaan komputer).

  • Pilih instrumen monitoring yang sesuai usia siswa (kuesioner, tes keterampilan).

  • Sosialisasikan program ke orang tua dan siswa agar mereka mendukung prosesnya.

2. Pelaksanaan

  • Lakukan tes keterampilan secara langsung di kelas dengan pengawasan guru.

  • Sebarkan kuesioner ke siswa, bisa juga dilakukan secara online jika memungkinkan.

  • Wawancarai siswa untuk menggali pemahaman mereka tentang etika digital.

  • Minta orang tua mengisi survei singkat tentang penggunaan gadget dan internet di rumah.

3. Pengolahan Data

  • Kumpulkan hasil kuesioner dan tes keterampilan.

  • Analisis data untuk mengetahui tingkat penguasaan literasi digital siswa.

  • Identifikasi kelemahan yang perlu mendapat perhatian khusus.

4. Tindak Lanjut

  • Berikan materi tambahan sesuai hasil monitoring (misal: pelatihan keamanan internet).

  • Libatkan orang tua dalam mengawasi penggunaan teknologi di rumah.

  • Lakukan monitoring berkala minimal satu semester sekali untuk melihat perkembangan.

5. Komunikasi

  • Sampaikan hasil monitoring kepada siswa dan orang tua secara transparan.

  • Berikan rekomendasi atau saran agar literasi digital terus meningkat.

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar