Jelajahi dunia perpustakaan, tempat inspirasi, pengetahuan, dan petualangan literasi tanpa batas!

Senin, 03 Februari 2025

Program Kerja Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama

 

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SMP

Tahun Ajaran 2025/2026

I. PENDAHULUAN

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas penting dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selain menyediakan bahan bacaan yang relevan, perpustakaan juga berperan dalam meningkatkan minat baca siswa serta mendukung pengembangan keterampilan literasi. Oleh karena itu, penyusunan program kerja perpustakaan ini bertujuan untuk merencanakan dan mengatur berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMP.

II. TUJUAN PERPUSTAKAAN

  1. Meningkatkan Minat Baca Siswa: Menghadirkan berbagai koleksi buku yang menarik dan bermanfaat bagi siswa agar mereka lebih tertarik untuk membaca.
  2. Menyediakan Sumber Belajar yang Berkualitas: Memberikan akses kepada siswa untuk mendapatkan bahan bacaan yang mendukung proses pembelajaran dan pengembangan diri.
  3. Menumbuhkan Budaya Literasi: Mendorong siswa dan guru untuk membiasakan diri dengan kegiatan membaca, serta meningkatkan kemampuan literasi mereka.
  4. Mempermudah Akses Informasi: Menyediakan informasi yang dapat digunakan siswa untuk tugas, penelitian, dan pengembangan pengetahuan mereka.
  5. Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi: Membantu siswa dalam mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi dengan bijak.

III. PROGRAM UTAMA

  1. Pengelolaan Koleksi Bahan Pustaka

    • Pengadaan Buku: Mengadakan buku baru yang sesuai dengan kurikulum serta minat baca siswa. Buku yang diadakan meliputi buku pelajaran, buku referensi, dan buku hiburan.
    • Klasifikasi dan Katalogisasi: Buku yang diterima akan diklasifikasikan sesuai dengan sistem Dewey Decimal Classification (DDC) atau sistem lainnya agar mudah diakses. Setiap buku juga akan dicatat dalam katalog untuk memudahkan pencarian.
    • Perawatan Koleksi: Melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi fisik buku, memperbaiki buku yang rusak, serta merapikan koleksi agar tetap dalam kondisi baik.
  2. Program Literasi

    • Gerakan Literasi Sekolah (GLS): Program yang melibatkan seluruh siswa untuk membaca buku setiap hari, dimulai dengan membaca 10-15 menit sebelum pelajaran dimulai. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa membaca setiap hari.
    • Workshop Literasi: Mengadakan workshop untuk siswa mengenai cara mencari dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber serta pemanfaatan literasi digital.
    • Diskusi Buku: Mengadakan kegiatan diskusi buku yang diikuti oleh siswa untuk berbagi pendapat tentang buku yang telah dibaca, meningkatkan kemampuan analisis, dan memperdalam pemahaman isi buku.
  3. Kegiatan Peningkatan Minat Baca

    • Pekan Literasi: Mengadakan Pekan Literasi di sekolah setiap semester dengan berbagai kegiatan seperti lomba baca buku, pameran buku, seminar literasi, dan lain-lain. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap literasi.
    • Lomba Menulis dan Bercerita: Menyelenggarakan lomba menulis cerita pendek dan bercerita untuk siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk merangsang kreativitas dan ekspresi siswa melalui tulisan.
    • Klub Buku: Membentuk klub buku untuk siswa yang tertarik membaca dan berdiskusi tentang buku. Klub ini dapat dijadikan wadah untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan mendiskusikan buku secara mendalam.
  4. Pelayanan Perpustakaan

    • Peminjaman dan Pengembalian Buku: Menyediakan layanan peminjaman buku secara efisien, baik melalui sistem manual maupun digital. Buku yang dipinjam harus dikembalikan tepat waktu dan dalam kondisi baik.
    • Layanan Referensi: Menyediakan bantuan referensi bagi siswa yang membutuhkan informasi tambahan untuk tugas atau penelitian.
    • Akses Buku Elektronik (E-book): Menyediakan akses buku elektronik dan sumber daya digital lainnya untuk siswa yang membutuhkan referensi tambahan secara online.
  5. Pengembangan Sumber Daya Manusia

    • Pelatihan Staf Perpustakaan: Menyelenggarakan pelatihan bagi pustakawan dan staf perpustakaan mengenai manajemen perpustakaan, layanan informasi, serta pemanfaatan teknologi dalam mengelola perpustakaan.
    • Pelatihan untuk Guru: Mengadakan pelatihan bagi guru mengenai pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber daya pembelajaran dan cara mendorong siswa untuk lebih aktif menggunakan perpustakaan.

IV. PROGRAM PENDUKUNG

  1. Peningkatan Fasilitas Perpustakaan

    • Pembaruan Peralatan Perpustakaan: Menambah peralatan seperti meja, kursi, rak buku, dan komputer yang mendukung kenyamanan siswa dalam menggunakan perpustakaan.
    • Ruang Kreatif dan Multimedia: Menyediakan ruang diskusi dan multimedia yang memungkinkan siswa untuk melakukan kegiatan belajar kreatif, seperti diskusi kelompok atau presentasi.
    • Fasilitas Internet: Menyediakan akses internet yang memungkinkan siswa mengakses informasi secara online dan menggunakan sumber daya digital yang tersedia.
  2. Kerja Sama dengan Pihak Luar

    • Kemitraan dengan Penerbit: Membina hubungan dengan penerbit buku untuk mendapatkan buku baru atau diskon khusus bagi sekolah.
    • Kunjungan ke Perpustakaan Umum: Menyelenggarakan kunjungan ke perpustakaan umum atau museum untuk memperluas wawasan siswa mengenai dunia literasi di luar sekolah.
  3. Sistem Pengelolaan Perpustakaan

    • Implementasi Sistem Perpustakaan Digital: Menggunakan sistem manajemen perpustakaan berbasis digital untuk mempermudah pencatatan peminjaman, pengembalian, dan pelaporan buku yang tersedia.
    • Aplikasi Perpustakaan: Mengembangkan aplikasi berbasis web atau mobile yang memungkinkan siswa mencari buku, meminjam, dan mengakses katalog perpustakaan secara online.

V. RENCANA ANGGARAN

  1. Pengadaan Buku: Anggaran untuk membeli buku pelajaran, buku referensi, dan buku hiburan untuk mendukung minat baca siswa.
  2. Peningkatan Fasilitas: Anggaran untuk pembelian meja, kursi, rak buku, komputer, dan perangkat teknologi lainnya.
  3. Kegiatan Literasi dan Pelatihan: Anggaran untuk kegiatan Pekan Literasi, lomba baca buku, workshop literasi, serta pelatihan untuk staf dan guru.
  4. Sistem Informasi Perpustakaan: Anggaran untuk implementasi sistem manajemen perpustakaan digital dan pengadaan aplikasi perpustakaan.

VI. EVALUASI DAN TINDAK LANJUT

  1. Evaluasi Program: Evaluasi dilakukan setiap semester untuk menilai efektivitas program yang telah dilaksanakan. Umpan balik dari siswa dan guru akan dikumpulkan untuk perbaikan lebih lanjut.
  2. Perbaikan Program: Berdasarkan hasil evaluasi, dilakukan perbaikan atau penyesuaian pada program agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan perpustakaan.
  3. Laporan Tahunan: Menyusun laporan tahunan tentang kegiatan perpustakaan, pencapaian yang telah diraih, serta rencana pengembangan perpustakaan di tahun berikutnya.

Penutup

Demikianlah laporan program kerja perpustakaan SMP untuk tahun ajaran 2025/2026. Program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, memperkuat budaya literasi di sekolah, dan mendukung tujuan pendidikan yang lebih baik bagi siswa.

logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar