Selasa, 10 Juli 2012

Pelayanan Bahan Pustaka


Setelah melalui proses pengolahan maka koleksi perpustakaan siap untuk dilayankan kepada pengguna perpustakaan. Banyak bentuk layanan yang dapat diberikan kepada pemustaka dalam rangka melayankan koleksi yang dimiliki perpustakaan kepada pemustaka. Namun secara garis besar pelayanan bahan pustaka dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu layanan sirkulasi dan layanan referensi.
Berikut ini deskripsi tentang layanan sirkulasi dan layanan referensi dalam rangka melayankan koleksi yang dimiliki perpustakaan kepada pengguna perpustakaan:

1. Layanan sirkulasi
Layanan sirkulasi dikenal sebagai layanan peminjaman dan pengembalian yang diselenggarakan perpustakaan agar pemustaka dapat memanfaatkan koleksi yang dimiliki perpustakaan. Di dalam Kamus Istilah Perpustakaan disebutkan bahwa layanan sirkulasi adalah suatu perkerjaan, tugas, seksi maupun bagian di perpustakaan yang berhubungan dengan pemanfaatan koleksi. Lebih lanjut dalam kamus ini disebutkan bahwa di dalam layanan sirkulasi terkait dengan kegiatan pendaftaran anggota, tatatertib, statistik dan peminjaman serta pengembalian koleksi.
Dalam layanan sirkulasi dikenal dua sistem yaitu sistem terbuka dan sistem tertutup. Sistem terbuka adalah sistem yang memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mencari koleksi yang dibutuhkan ke dalam rak-rak koleksi yang dimiliki perpustakaan. Sistem tertutup adalah sistem yang tidak memberikan keleluasaan keleluasaan pemustaka untuk mencari koleksi ke dalam rak koleksi yang dimiliki perpustakaan, untuk mencari koleksi yang dibutuhkan pemustaka diharuskan meminta bantuan kepada pengelola perpustakaan untuk mencarikan koleksi yang dibutuhkan di dalam rak koleksi perpustakaan.

2. Layanan Referensi
Layanan pemustaka yang berkaitan dengan sumber-sumber atau koleksi referensi (kamus, ensiklopedi, direktori, buku pegangan (handbook), indeks, bibliograi dan terbitan pemeritah) antara lain meliputi menjawab pertanyaan yang diajukan, penelusuran informasi baik di dalam maupun di luar perpustakaan itu sendiri. Dengan kata lain layanan referensi merupakan layanan yang diberikan perpustakaan dengan memanfaatkan koleksi referensi yang dimiliki perpustakaan. Produk akhir dari layanan ini adalah jawaban atas pertanyaan dari pemustaka yang diperoleh dari koleksi referensi yang dimiliki perpustakaan.

0 Comments:

Posting Komentar