Selasa, 10 Juli 2012

Pelayanan dan Promosi Perpustakaan

Faktor penting lain yang terkait dengan pengelolaan perpustakaan sekolah adalah masalah pelayanan dan promosi perpustakaan. Dua faktor ini jelas tidak dapat dikesampingkan oleh pengelola perpustakaan. Pelayanan jelas merupakan ujung tombak bagi perpustakaan untuk menjalankan fungsinya di sekolah, sedang promosi merupakan alat yang perlu digunakan untuk mendukung pelayanan yang dilakukan perpustakaan. Kedua faktor ini tidak dapat dilepaskan dalam pengelolaan perpustakaan sekolah.
1.   Pelayanan Perpustakaan
Menurut  standar nasional perpustakaan sekolah, layanan perpustakaan adalah kegiatan pendayagunaan materi perpustakaan kepada pengguna, yaitu sirkulasi, referensi, penelusuran, pendidikan pengguna, pinjam antarperpustakaan.
Sirkulasi atau layanan sirkulasi merupakan kegiatan meminjamkan koleksi perpustakaan kepada pengguna dalam hal ini siswa didik dan staf pendidik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk melancarkan kegiatan sirkulasi ini maka pengelola perpustakaan perlu menetapkan kebijakan layanan sirkulasi, aturan-aturan peminjaman, syarat keanggotaan,  dan prosedur-prosedur yang harus dilakukan.
Referensi atau layanan referensi merupakan kegiatan perpustakaan dalam menjawab pertanyaan, menelusur dan menyediakan materi perpustakaan dan informasi sesuai dengan permintaan pengguna dengan mendayagunakan koleksi referensi.  Pada kegiatan ini maka pengelola selain mempunyai kemampuan memahami sumber-sumber referensi juga harus mempunyai pengetahuan tentang literasi informasi. Yakni pengetahuan bagaimana mencari, menemukan, mendayagunakan dan mengevaluasi informasi yang ada.
Pendidikan pengguna atau pendidikan pemakai merupakan kegiatan perpustakaan yang bertujuan menjadikan pengguna mampu mendayagunakan koleksi perpustakaan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Artinya, pengguna atau pemakai dididik atau diajari bagaimana menemukan dan mendayagunakan koleksi perpustakaan sehingga mampu secara mandiri mencari dan memanfaatkan informasi dan pengetahuan yang terdapat di koleksi. Pelatihan literasi informasi adalah salah satu hal yang juga harus diajarkan kepada para pengguna atau pemakai di perpustakaan sekolah.
Kegiatan pinjam antarperpustakaan dapat dilakukan oleh perpustakaan guna meningkatkan pelayanan di perpustakaan sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan peminjaman koleksi di perpustakaan lain melalui kerjasama perpustakaan yang sudah disepakati bersama. Ini dapat dilakukan apabila perpustakaan satu dengan perpustakaan lain mempunyai kerjasama dan kesepakatan pinjam antarperpustakaan.
2.   Promosi Perpustakaan
Menurut Surachman (2006), promosi Perpustakaan adalah sebuah kegiatan yang merupakan usaha untuk memajukan dan meningkatkan citra popularitas dari layanan perpustakaan, termasuk di dalamnya koleksi-koleksinya, sehingga mempengaruhi sikap dan perilaku individu, kelompok atau organisasi masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan.  Promosi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh perpustakaan, sehingga dalam penyusunannya perlu melibatkan manajemen sekolah dan staf pendidik. Dokumen yang merinci berbagai sasaran dan strategi harus ada secara tertulis. Hal ini agar perpustakaan sekolah dapat melakukan kegiatan promosi sesuai dan selaras dengan apa yang menjadi visi dan misi sekolah.
Dalam pedoman perpustakaan sekolah yang dikeluarkan UNESCO/IFLA yang diterjemahkan oleh Perpusnas RI (2006), kegiatan atau kebijakan promosi dapat tercermin dengan:
·      Memulai dan mengoperasikan situs web perpustakaan sekolah guna mempromosikan jasa perpustakaan sekolah
·      Menyelenggarakan berbagai pameran
·      Membuat terbitan berisi informasi mengenai jam buka, jasa dan koleksi perpustakaan
·      Menyediakan daftar sumber informasi dan pamphlet yang berkaitan dengan kurikulum
·      Memberikan informasi perpustakaan pada pertemuan murid baru dan orang tua mereka
·      Membentuk kelompok sahabat perpustakaan bagi para orang tua murid dan lainnya
Kegiatan pelayanan dan promosi perpustakaan juga harus dievaluasi secara rutin setiap tahun dan dokumen-dokumen kebijakan apabila diperlukan dilakukan revisi sesuai dengan kondisi dan keadaan terkini.  Kegiatan promosi dan pelayanan perpustakaan menjadi ujung tombak bagi keberhasilan visi dan misi pengelolaan perpustakaan sekolah. Karena melalui kedua kegiatan itulah segala perencanaan, kebijakan, prosedur dan persiapan manajemen yang sudah ditetapkan akan ‘diuji’ keberhasilannya dalam menyokong proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.

0 Comments:

Posting Komentar