Faktor
penting lain yang terkait dengan
pengelolaan perpustakaan sekolah adalah masalah pelayanan dan promosi
perpustakaan. Dua faktor ini jelas tidak dapat dikesampingkan oleh pengelola
perpustakaan. Pelayanan jelas merupakan ujung tombak bagi perpustakaan untuk
menjalankan fungsinya di sekolah, sedang promosi merupakan alat yang perlu
digunakan untuk mendukung pelayanan yang dilakukan perpustakaan. Kedua faktor
ini tidak dapat dilepaskan dalam pengelolaan perpustakaan sekolah.
1. Pelayanan
Perpustakaan
Menurut standar nasional
perpustakaan sekolah, layanan perpustakaan adalah kegiatan pendayagunaan materi
perpustakaan kepada pengguna, yaitu sirkulasi, referensi, penelusuran,
pendidikan pengguna, pinjam antarperpustakaan.
Sirkulasi atau layanan sirkulasi merupakan kegiatan meminjamkan koleksi
perpustakaan kepada pengguna dalam hal ini siswa didik dan staf pendidik sesuai
dengan ketentuan yang berlaku. Untuk melancarkan kegiatan sirkulasi ini maka
pengelola perpustakaan perlu menetapkan kebijakan layanan sirkulasi, aturan-aturan
peminjaman, syarat keanggotaan, dan
prosedur-prosedur yang harus dilakukan.
Referensi atau layanan referensi merupakan kegiatan perpustakaan dalam
menjawab pertanyaan, menelusur dan menyediakan materi perpustakaan dan
informasi sesuai dengan permintaan pengguna dengan mendayagunakan koleksi
referensi. Pada kegiatan ini maka
pengelola selain mempunyai kemampuan memahami sumber-sumber referensi juga
harus mempunyai pengetahuan tentang literasi informasi. Yakni pengetahuan
bagaimana mencari, menemukan, mendayagunakan dan mengevaluasi informasi yang
ada.
Pendidikan pengguna atau pendidikan pemakai merupakan kegiatan
perpustakaan yang bertujuan menjadikan pengguna mampu mendayagunakan koleksi
perpustakaan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Artinya, pengguna atau
pemakai dididik atau diajari bagaimana menemukan dan mendayagunakan koleksi
perpustakaan sehingga mampu secara mandiri mencari dan memanfaatkan informasi
dan pengetahuan yang terdapat di koleksi. Pelatihan literasi informasi adalah
salah satu hal yang juga harus diajarkan kepada para pengguna atau pemakai di
perpustakaan sekolah.
Kegiatan pinjam antarperpustakaan dapat dilakukan oleh perpustakaan guna
meningkatkan pelayanan di perpustakaan sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan
peminjaman koleksi di perpustakaan lain melalui kerjasama perpustakaan yang
sudah disepakati bersama. Ini dapat dilakukan apabila perpustakaan satu dengan
perpustakaan lain mempunyai kerjasama dan kesepakatan pinjam antarperpustakaan.
2. Promosi
Perpustakaan
Menurut Surachman (2006), promosi Perpustakaan adalah sebuah kegiatan yang merupakan usaha untuk
memajukan dan meningkatkan citra popularitas dari layanan perpustakaan,
termasuk di dalamnya koleksi-koleksinya, sehingga mempengaruhi sikap dan
perilaku individu, kelompok atau organisasi masyarakat untuk memanfaatkan
perpustakaan. Promosi merupakan hal
penting yang harus dilakukan oleh perpustakaan, sehingga dalam penyusunannya
perlu melibatkan manajemen sekolah dan staf pendidik. Dokumen yang merinci
berbagai sasaran dan strategi harus ada secara tertulis. Hal ini agar
perpustakaan sekolah dapat melakukan kegiatan promosi sesuai dan selaras dengan
apa yang menjadi visi dan misi sekolah.
Dalam pedoman perpustakaan sekolah yang dikeluarkan UNESCO/IFLA
yang diterjemahkan oleh Perpusnas RI (2006), kegiatan atau kebijakan promosi
dapat tercermin dengan:
· Memulai dan mengoperasikan situs web perpustakaan sekolah guna
mempromosikan jasa perpustakaan sekolah
· Menyelenggarakan berbagai pameran
· Membuat terbitan berisi informasi mengenai jam buka, jasa dan
koleksi perpustakaan
· Menyediakan daftar sumber informasi dan pamphlet yang berkaitan
dengan kurikulum
· Memberikan informasi perpustakaan pada pertemuan murid baru dan
orang tua mereka
· Membentuk kelompok sahabat perpustakaan bagi para orang tua
murid dan lainnya
Kegiatan
pelayanan dan promosi perpustakaan juga harus dievaluasi secara rutin setiap
tahun dan dokumen-dokumen kebijakan apabila diperlukan dilakukan revisi sesuai
dengan kondisi dan keadaan terkini.
Kegiatan promosi dan pelayanan perpustakaan menjadi ujung tombak bagi
keberhasilan visi dan misi pengelolaan perpustakaan sekolah. Karena melalui
kedua kegiatan itulah segala perencanaan, kebijakan, prosedur dan persiapan
manajemen yang sudah ditetapkan akan ‘diuji’ keberhasilannya dalam menyokong
proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
1 Comment:
Terima kasih
Infonya sangat bermanfaat
Posting Komentar