Jumat, 24 Oktober 2014

Laporan Bulanan Perpustakaan, Menciptakan Transparansi dan Meningkatkan Kinerja


Laporan bulanan perpustakaan merupakan dokumen penting yang berfungsi untuk mengevaluasi kinerja, merencanakan kegiatan mendatang, dan meningkatkan transparansi dalam pengelolaan sumber daya perpustakaan. Dalam dunia perpustakaan yang terus berkembang, penting bagi pustakawan dan manajer perpustakaan untuk memiliki laporan yang menyeluruh dan terperinci. Artikel ini akan membahas tujuan, komponen, dan manfaat dari laporan bulanan perpustakaan.

1. Tujuan Laporan Bulanan Perpustakaan

Evaluasi Kinerja
Salah satu tujuan utama laporan bulanan adalah untuk mengevaluasi kinerja perpustakaan. Dengan menganalisis data, seperti jumlah peminjaman, pengunjung, dan kegiatan yang dilakukan, pustakawan dapat memahami sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.

Perencanaan Kegiatan Mendatang
Laporan bulanan juga membantu dalam merencanakan kegiatan mendatang. Dengan mengetahui tren dan pola penggunaan, perpustakaan dapat merencanakan program-program yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Transparansi dan Akuntabilitas
Laporan ini berfungsi untuk menciptakan transparansi dalam pengelolaan perpustakaan. Dengan menyajikan data yang jelas, semua pihak yang berkepentingan, termasuk pengurus, staf, dan komunitas, dapat memahami bagaimana perpustakaan dikelola dan apa saja pencapaian yang telah diraih.

2. Komponen Laporan Bulanan Perpustakaan

Ringkasan Kegiatan
Bagian ini mencakup ringkasan semua kegiatan yang telah dilakukan selama sebulan, seperti program literasi, seminar, dan workshop. Pustakawan harus mencatat jenis kegiatan, tanggal, dan jumlah peserta yang terlibat.

Statistik Penggunaan
Statistik penggunaan adalah bagian yang sangat penting dari laporan bulanan. Di sini, pustakawan mencatat jumlah peminjaman buku, kunjungan pengguna ke perpustakaan, dan penggunaan layanan digital. Data ini dapat membantu dalam menganalisis tren dan pola penggunaan.

Pengembangan Koleksi
Dalam laporan bulanan, penting untuk mencatat pengadaan dan pengembangan koleksi. Hal ini mencakup jumlah buku atau bahan pustaka baru yang ditambahkan, serta penarikan atau penghapusan koleksi yang sudah tidak relevan.

Umpan Balik Pengguna
Mencatat umpan balik dari pengguna tentang layanan dan koleksi perpustakaan juga penting. Umpan balik ini bisa diperoleh melalui survei, kotak saran, atau diskusi dengan pengguna. Ini memberikan wawasan tentang apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Analisis dan Rekomendasi
Bagian ini menyajikan analisis dari data yang telah dikumpulkan dan rekomendasi untuk perbaikan di masa depan. Misalnya, jika ada penurunan jumlah pengunjung, pustakawan dapat merekomendasikan untuk meningkatkan promosi atau mengadakan lebih banyak program menarik.

3. Proses Penyusunan Laporan Bulanan

Pengumpulan Data
Proses penyusunan laporan dimulai dengan pengumpulan data yang diperlukan. Ini termasuk data dari sistem manajemen perpustakaan, catatan kegiatan, dan umpan balik pengguna. Pengumpulan data harus dilakukan secara rutin untuk memastikan akurasi informasi.

Analisis Data
Setelah data dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut. Pustakawan harus mencari pola, tren, dan informasi yang relevan yang dapat membantu dalam evaluasi kinerja perpustakaan.

Penyusunan Laporan
Setelah analisis selesai, pustakawan dapat mulai menyusun laporan. Laporan harus disusun secara sistematis, dengan setiap komponen diuraikan dengan jelas. Penting untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menyajikan data dengan cara yang menarik.

Tinjauan dan Revisi
Setelah laporan disusun, penting untuk melakukan tinjauan dan revisi. Ini dapat melibatkan diskusi dengan staf lain untuk memastikan bahwa semua informasi akurat dan komprehensif.

Distribusi Laporan
Laporan bulanan yang sudah final harus didistribusikan kepada semua pihak yang berkepentingan, termasuk manajemen perpustakaan, staf, dan pemangku kepentingan lainnya. Ini memastikan bahwa semua orang memiliki akses terhadap informasi yang relevan.

4. Manfaat Laporan Bulanan Perpustakaan

Meningkatkan Kinerja
Dengan mengevaluasi kinerja secara berkala, perpustakaan dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Laporan bulanan memberikan dasar untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan layanan.

Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik
Data yang terkumpul dalam laporan bulanan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Pustakawan dapat menggunakan informasi ini untuk merencanakan program, mengembangkan koleksi, dan mengalokasikan sumber daya secara lebih efektif.

Meningkatkan Komunikasi
Laporan bulanan juga meningkatkan komunikasi antara staf perpustakaan dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan berbagi informasi, semua pihak dapat memahami pencapaian dan tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan.

Meningkatkan Keterlibatan Pengguna
Dengan mencatat umpan balik pengguna dan mencerminkan kebutuhan mereka dalam laporan, perpustakaan dapat meningkatkan keterlibatan pengguna. Hal ini dapat mendorong lebih banyak partisipasi dalam program-program perpustakaan.

5. Contoh Laporan Bulanan Perpustakaan

Judul Laporan: Laporan Bulanan Perpustakaan XYZ untuk Bulan Januari 2024

  • Ringkasan Kegiatan:
    Pada bulan Januari 2024, perpustakaan XYZ telah mengadakan 5 program literasi dengan total 150 peserta. Kegiatan tersebut mencakup workshop menulis kreatif dan seminar tentang teknologi informasi.

  • Statistik Penggunaan:

    • Jumlah peminjaman buku: 1,200
    • Kunjungan pengguna: 1,800
    • Penggunaan layanan digital: 400
  • Pengembangan Koleksi:
    Pada bulan ini, perpustakaan menambah 300 buku baru dan menghapus 50 buku yang sudah tidak relevan.

  • Umpan Balik Pengguna:
    Dari survei yang dilakukan, 85% pengguna merasa puas dengan layanan perpustakaan, namun ada permintaan untuk menambah koleksi buku fiksi remaja.

  • Analisis dan Rekomendasi:
    Terdapat peningkatan dalam jumlah kunjungan dibandingkan bulan sebelumnya. Disarankan untuk mengadakan program promosi yang lebih aktif di media sosial untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Laporan bulanan perpustakaan adalah alat penting untuk mengevaluasi kinerja dan merencanakan kegiatan mendatang. Dengan mencakup berbagai komponen seperti statistik penggunaan, pengembangan koleksi, dan umpan balik pengguna, laporan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang keadaan perpustakaan. Dengan menyusun dan mendistribusikan laporan bulanan secara efektif, perpustakaan dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kinerja secara keseluruhan. Melalui laporan bulanan, perpustakaan dapat lebih siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang untuk terus melayani masyarakat dengan lebih baik.




Contoh Dokumen Di Perpustakaan SD 

LAPORAN BULAN PERPUSTAKAAN

LAPORAN BULAN ……………..TAHUN…………….
SD NEGERI …………………………………
1.      Jumlah siswa                                                     :………orang
2.      SDM Perpustakaan Sekolah
Jumlah                                                               : ……….orang
No
Nama
Pendidikan
Sejak tahun













3.      Jumlah Pengunjung/Bulan                                    : ………orang
4.      Jumlah Pengunjung/Hari                                      : ………orang
5.      Prosentase pengunjung terhadap peserta didik         : ……….%     
6.      Klasifikasi Pengunjung Bulan Ini
Status Pengunjung
Jumlah
%
Kelas 1


Kelas 2


Kelas 3


Kelas 4


Kelas 5


Kelas 6


Jumlah



7.      Jam Buka Layanan Bulan ini
Hari
Jam
Keterangan
Senin


Selasa


Rabu


Kamis


Jumat


Sabtu



8.      Jumlah Peminjam Buku                                        : ………orang
9.      Prosentase peminjam terhadap pengunjung              : ……….%
10.  Jumlah Buku Yang Dipinjam                                 : ……….eks
11.  Koleksi perpustakaan
Class
Judul
Eks
000 Karya Umum


100 Filsafat


200 Agama


300 Ilmu Sosial


400 Bahasa


500 Ilmu Murni


600 Teknologi Terapan


700 Kesenian & Olahraga


800 Sastra


900 Geografi & Sejarah


Jumlah



12.  Jumlah perubahan koleksi bulan ini                       : ………judul
                                                                               : ………eks
13.  Terbitan berkala yang dilanggan perpustakaan sekolah bulan ini
  •         Koran Harian                                               : ………judul
  •     Majalah                                                       : ………judul
  •     Tabloid                                                        : ………judul

14.  Anggaran perpustakaan sekolah tahun 2014
  •     APBS                                                          : Rp …………
  •     Sumbangan                                                   : Rp …………
  •     Lain-lain                                                       : Rp …………

15.  Kegiatan promosi perpustakaan sekolah bulan ini
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
16.  Masalah yang dihadapi oleh perpustakaan sekolah bulan ini
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
17.  Solusi yang diambil dalam menghadapi masalah
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
18.  Kisah sukses pengunjung perpustakaan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
19.  Foto kegiatan perpustakaan sekolah bulan ini
  …………………………………………………………………………………

Mengetahui                                         ……., ..............2014
Kepala Sekolah SD Negeri …………     Pengelola Perpustakaan 


…………………                                  ………………………
Nip…………………….                         Nip……………………

Program Kerja di Perpustakaan Sekolah Menengah Atas, Membangun Budaya Literasi di Kalangan Pelajar




Perpustakaan sekolah tingkat menengah atas (SMA) memiliki peranan penting dalam mendukung kegiatan belajar mengajar dan pengembangan literasi siswa. Dengan berbagai program kerja yang dirancang secara efektif, perpustakaan dapat berfungsi sebagai pusat informasi, ruang belajar, dan tempat pengembangan minat baca. Dalam artikel ini, kita akan membahas program kerja yang dapat diterapkan di perpustakaan SMA, serta bagaimana program-program tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

1. Tujuan Program Kerja di Perpustakaan SMA

Sebelum membahas program-program spesifik, penting untuk memahami tujuan dari program kerja di perpustakaan SMA. Tujuan tersebut antara lain:

Mendukung Proses Pembelajaran
Perpustakaan berfungsi sebagai sumber informasi yang mendukung materi pembelajaran di kelas. Dengan menyediakan koleksi buku, jurnal, dan sumber daya digital yang relevan, perpustakaan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas dan memperdalam pemahaman mereka.

Meningkatkan Minat Baca
Salah satu tujuan utama perpustakaan adalah untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa. Program-program yang menarik dan interaktif dapat membuat siswa lebih tertarik untuk membaca dan menjelajahi berbagai jenis literatur.

Mengembangkan Keterampilan Informasi
Perpustakaan juga berperan dalam mengembangkan keterampilan informasi siswa. Ini termasuk kemampuan untuk mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif, yang sangat penting dalam dunia yang dipenuhi informasi saat ini.

Menyediakan Ruang untuk Kreativitas
Perpustakaan dapat menjadi tempat bagi siswa untuk berkreasi dan berkolaborasi dalam proyek-proyek mereka. Dengan menyediakan ruang untuk diskusi kelompok, kegiatan seni, atau presentasi, perpustakaan dapat mendorong siswa untuk berinovasi.

2. Program Kerja yang Dapat Dilaksanakan di Perpustakaan SMA

Berikut adalah beberapa program kerja yang dapat diterapkan di perpustakaan sekolah menengah atas:

Program Literasi Informasi
Program ini bertujuan untuk membantu siswa memahami cara mencari dan mengevaluasi informasi. Kegiatan yang dapat dilakukan termasuk:

  • Workshop tentang cara menggunakan katalog perpustakaan dan sumber daya online.
  • Pelatihan tentang cara menulis bibliografi dan sitasi yang benar.
  • Diskusi kelompok tentang cara membedakan sumber informasi yang kredibel dan tidak kredibel.

Lomba Membaca dan Diskusi Buku
Mengadakan lomba membaca dan diskusi buku dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk meningkatkan minat baca siswa. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Mengorganisir lomba membaca yang mencakup kategori fiksi dan non-fiksi.
  • Mengadakan sesi diskusi setelah membaca, di mana siswa dapat berbagi pandangan dan pendapat mereka tentang buku yang telah dibaca.

Pameran Buku dan Acara Penulis
Mengadakan pameran buku yang menampilkan koleksi terbaru atau tema tertentu dapat menarik perhatian siswa. Selain itu, mengundang penulis untuk berbicara tentang karya mereka dapat memberikan pengalaman berharga bagi siswa. Kegiatan ini dapat mencakup:

  • Pameran buku dengan tema tertentu, seperti "Buku Favorit Remaja" atau "Buku Inspiratif."
  • Sesi tanya jawab dengan penulis, di mana siswa dapat bertanya tentang proses penulisan dan inspirasi di balik karya mereka.

Program Pembinaan Minat Baca untuk Kelas Rendah
Perpustakaan SMA juga dapat menjalin kerjasama dengan perpustakaan sekolah dasar atau menengah pertama untuk melakukan kegiatan pembinaan minat baca. Kegiatan ini dapat berupa:

  • Kunjungan ke sekolah dasar untuk membacakan cerita kepada siswa.
  • Mengadakan sesi cerita bersama di perpustakaan untuk anak-anak, di mana siswa SMA dapat berperan sebagai pembaca cerita.

Pengembangan Koleksi Perpustakaan
Pengembangan koleksi perpustakaan adalah bagian penting dari program kerja. Ini mencakup:

  • Mengidentifikasi buku dan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
  • Mengadakan survei untuk mendapatkan masukan dari siswa mengenai koleksi yang mereka inginkan.
  • Mengupdate koleksi dengan buku-buku terbaru dan relevan.

Program Kegiatan Kreatif dan Seni
Mengadakan kegiatan seni dan kreatif dapat membuat perpustakaan lebih menarik bagi siswa. Kegiatan ini bisa mencakup:

  • Workshop seni, seperti menggambar atau melukis, yang terinspirasi oleh buku yang telah dibaca.
  • Sesi puisi atau penulisan kreatif di mana siswa dapat berbagi karya mereka.

3. Strategi Pelaksanaan Program Kerja

Untuk memastikan keberhasilan program kerja di perpustakaan SMA, beberapa strategi pelaksanaan yang dapat diterapkan adalah:

Keterlibatan Siswa
Libatkan siswa dalam perencanaan dan pelaksanaan program. Minta masukan mereka tentang kegiatan yang mereka minati. Ini dapat meningkatkan partisipasi dan minat mereka terhadap program-program tersebut.

Kerjasama dengan Staf Pengajar
Bekerjasama dengan guru dan staf pengajar sangat penting untuk mendukung kegiatan perpustakaan. Diskusikan dengan mereka tentang bagaimana perpustakaan dapat membantu dalam pengajaran mereka dan sebaliknya.

Promosi yang Efektif
Gunakan berbagai saluran untuk mempromosikan kegiatan perpustakaan, seperti media sosial, papan pengumuman di sekolah, dan pengumuman dalam kelas. Pastikan siswa tahu tentang program yang akan datang.

Evaluasi dan Umpan Balik
Setelah setiap kegiatan, lakukan evaluasi untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki. Kumpulkan umpan balik dari siswa dan staf untuk meningkatkan program ke depannya.

4. Pentingnya Perpustakaan dalam Mendukung Pendidikan di SMA

Perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pendidikan di sekolah menengah atas. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perpustakaan sangat penting:

Sumber Informasi yang Beragam
Perpustakaan menyediakan akses ke berbagai sumber informasi, baik cetak maupun digital. Ini membantu siswa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan untuk belajar dan menyelesaikan tugas.

Tempat untuk Berkolaborasi dan Berinteraksi
Perpustakaan adalah ruang yang ideal bagi siswa untuk bekerja sama dalam proyek, berdiskusi, dan berinteraksi satu sama lain. Ini membantu membangun keterampilan sosial yang penting.

Dukungan untuk Pembelajaran Mandiri
Dengan koleksi yang kaya dan layanan referensi, perpustakaan mendukung siswa dalam belajar secara mandiri. Mereka dapat menjelajahi topik yang menarik minat mereka dan meningkatkan pengetahuan mereka secara mandiri.

Meningkatkan Keterampilan Digital
Di era digital ini, perpustakaan membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan teknologi informasi yang sangat penting. Dengan pelatihan dan akses ke sumber daya digital, siswa dapat belajar menggunakan teknologi dengan efektif.


Program kerja di perpustakaan sekolah menengah atas memainkan peran krusial dalam meningkatkan literasi dan mendukung proses pembelajaran siswa. Dengan melaksanakan program-program yang beragam dan menarik, perpustakaan dapat mendorong siswa untuk mengembangkan minat baca, keterampilan informasi, dan kreativitas. Melalui kerjasama antara perpustakaan, staf pengajar, dan siswa, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan akademis dan pribadi siswa.


Contoh Dokumen :


Program Kerja Perpustakaan Sekolah
SMA NEGERI ………………………………………………..
TAHUN PELAJARAN 2024/2025



A. PENDAHULUAN

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya … (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat  dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai  pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM Perpustakaan?

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.

Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Perpustakaan ……………….. berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi secara optimal.

B. DASAR HUKUM

1       1.  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem  pendidikan Nasional;
  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah
  4. Surat Keputusan Kepala SMA ………………… Nomor…. Tahun ………. tentang pengangkatan kepala Perpustakaan ……… tahun ……./………….
C. TUJUAN

C.1 TUJUAN UMUM

Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT terdepan di ………….. serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya program KEMILAU

C.2. TUJUAN KHUSUS
  1. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sektor kehidupan;
  2. Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
  3. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna;
  4. Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri;
  5. Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa;
  6. Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;
  7. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri
C.3. TUJUAN STRATEGIK
  1. Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT;
  2. Merintis E-Library untuk wider accesing informasi & IPTEK;
  3. Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi;
  4. Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima;
  5. Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel;
D. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMAN ……………, perpustakaan sekolah berfungsi:
  1. Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;
  2. Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMAN ………………..
  3. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
  4. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
  5. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.
E. SASARAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
  1. Para siswa …………………
  2. Kepala sekolah dan guru …………………..
  3. Staf administrasi dan tatalaksana SMAN ……………
F. PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

G.1. PROGRAM JANGKA PENDEK
  1. Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
  2. Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
  3. Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu shingga memudahkan penggunaannya;
  4. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
  5. Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana;
  6. Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;
  7. Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
  8. Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
  9. Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
  10. Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll;
  11. Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
  12. Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
  13. Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;
  14. Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;
  15. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.
G.2. PROGRAM JANGKA PANJANG
  1. Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis ICT;
  2. Menerapkan E-Library learning;
  3. Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 1500 judul dengan 15.000.000 eks pada tahun 2015;
  4. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
H.  RENCANA PROGRAM & ANGGARAN BIAYA PERPUSTAKAAN TAHUN 2014-2015
Program
Jumlah
Biaya
Pelaksanaan
1.Pembenahan ruang perpustakaan sebagai rumah belajar yang nyaman dan kondusif
1.    Pengadaan sarana perpustakaan (lemari buku, meja baca, kursi, lemari, kotak katalog, tempat penyimpanan Koran/majalah, lemari tempat TV, VCD, CD/DVD,  dll);
2.    Pengadaan kordeng ruangan
3.    Pengadaan karpet
4.    Pengadaan kipas angin besar
5.    Mading/Pusat informasi perpustakaan
6.    Pembenahan administrasi perpustakaan:
7.    Service & pembelian CD Writer komputer untuk perpustakaan
8.    Menyempurnakan software perpustakaan
9.    Cetak Kartu kendali buku
10. Cetak kartu pinjaman
11. Kantong buku
12. Cetak Lebel buku
13. Cetak Kartu perpustakaan
14. ATK, dll
1.    Pengadaan buku dan media belajar lainnya:
1.    Buku pelajaran @ 5 eks x 13 pel. X 3 kelas
2.    Pengadaan buku referensi
3.    Pengadaan buku pengetahuan umum, karya sastra, dll.
4.    Langganan bulanan majalah/bulletin (Hidayatullah, Hidayah, Sabili,  Bola, Intisari, Realita, the Jakarta post, dll.) secara bergantian
5.    Pengadaan CD/DVD pembelajaran yang memadai
2. Penerbitan kartu perpustakaan
3. Inventarisasi bahan pustaka
4. Entri buku pustakan pada SIM
5. Katalogisasi, lebeling buku pustaka
6. Pembuatan dan pengiriman proposal bantuan buku/jurnal/majalah dan bahan pustaka lainnya
7. Memanfaatkan SIM Perpustakaan
8. Mengikuti Lomba Perpustakaan
9. Perbaikan buku yang rusak
10. Pelayanan pinjaman bahan pustaka
11. Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP)







Jumlah




I. SUMBER DANA

1. RAPBS tahun 2024-2025;
2. Subsidi dana SBI 2024-2025;
3. Siswa baru tahun 2024-2055;
4. Bantuan alumni 4968
5. Pemerintah, lembaga swasta, penerbit dll. yang tidak mengikat

J. JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN
1. Peminjaman berbagai jenis buku pelajaran, referensi, sastra, majalah, dll.
2. Multimedia (TV, VCD/DVD, Infokus, dll
3. Pemutaran Film-film/CD/DVD pembelajaran
4. E-Library learning

K. STRUKTUR PENGELOLA PERPUSTAKAAN

1. Penanggungjawab            : …………………….  (Kepala SMAN ……………..)
2. Kepala Perpustakaan       : …………………………………..
3. Bag. E-Literacy                : ………………………….............
4. Bag. Teknis                       : …………………………………
5. Bag. Layanan/Sirkulasi   : ………………………………….

L. PENUTUP

Program kerja perpustakaan ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan perpustakaan SMAN ……………. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Karenanya, diharpkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak lagsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat.


…………..,  Juli 2024
Mengetahui:                                                                                Kepala Perpustakaan
Kepala SMAN …………...


…………………………….                                                      …………………………
NIP………………………..                                                      NIP………………………





Sumber : Forum Perpustakaan SD/MI Kabupaten Sragen