Kamis, 09 Februari 2012

Perbedaan Istilah-Istilah dalam Perpustakaan

Dalam dunia perpustakaan banyak istilah yang hampir sama namun berbeda makna. Untuk itu kita perlu mengerti perbedaan makna tersebut agar dapat memahami sistem perpustakaan secara menyeluruh. Kata-kata yang berhubungan dengan perpustakaan tersebut antara lain :

  • Pustaka atau buku atau kitab, yaitu kumpulan atau bahan berisi hasil tulisan atau cetakan, dijilid menjadi satu agar mudah dibaca dan sedikitnya berjumlah 48 halaman. Dari kata pustaka terbentuk kata turunan, antara lain perpustakaan, pustakawan, kepustakaan, ilmu perpustakaan, dan kepustakawanan.


  • Perpustakaan, secara umum, yaitu kumpulan buku atau bangunan fisik tempat buku dikumpulkan, disusun menurut sistem tertentu untuk kepentingan pemakai.

  • Pustakawan, yaitu orang yang bekerja di perpustakaan atau lembaga sejenisnya dan memiliki pendidikan perpustakaan secara formal (minimal D2 dalam bidang perpustakaan, dokumentasi, dan informasi). Menurut Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), pustakawan adalah orang yang memberikan dan melaksanakan kegiatan perpustakaan dalam usaha pemberian layanan/jasa kepada masyarakat sesuai dengan misi yang diemban oleh badan induknya berdasarkan ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang diperolehnya melalui pendidikan. Sedangkan menurut keputusan bersama Menteri Pendidikan, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara tahun 1988 yang disusul dengan Surat Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara, menyatakan bahwa pustakawan adalah mereka yang memperoleh pendidikan minimal D2 ke atas. Dalam hal ini D2 dalam bidang ilmu perpustakaan.

  • Kepustakaan yang dalam bahasa Inggris disebut references, bibliography, literature, adalah bahan bacaan cetak maupun rekam yang digunakan untuk menyusun karangan, makalah, artikel, laporan ilmiah dan sejenisnya.
  • Ilmu perpustakaan, yaitu ilmu yang mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan, dan cakupannya yang meliputi :

    • Perpustakaan sebagai suatu institusi, mencakup organisasi perpustakaan, perkembangannya, peranannya dalam masyarakat, dan sumbangan perpustakaan pada umat manusia.
    • Organisasi koleksi perpustakaan, cara mengolah, menyimpan, dan sistem temu kembalinya (informasi).
    • Pengawetan/pelestarian koleksi perpustakaan.
    • Penyebaran informasi dan jasa perpustakaan lain untuk kepentingan masyarakat.
    • Hal-hal yang berkenaan dengan jasa perpustakaan, seperti berbagai layanan perpustakaan bagi pemakai/anggota.

  • Kepustakawanan (librarianship), yaitu hal-hal yang berkaitan dengan pustakawan, seperti profesi kepustakawanan dan penerapan ilmu, misalnya dalam hal pengadaan koleksi, pengolahan, pendayagunaan, dan penyebaran informasi kepada pemakai.

0 Comments:

Posting Komentar